Strategi Pemasaran Video yang Efektif

Strategi Pemasaran Video yang Efektif

Pentingnya pemasaran video telah ditekankan dengan munculnya konten audiovisual yang kreatif dan inovatif di kalangan konsumen. Pemasaran video digital adalah industri senilai $135 miliar di AS saja! Bisa dibilang strategi pemasaran ini adalah tambang emas bagi bisnis. Jadi jika Anda ingin mulai membuat video seperti ini Anda tidak bisa salah. Sebelum melanjutkan membuat video pemasaran sebaiknya pahami dulu definisi video pemasaran. Sederhananya video marketing adalah video yang mengiklankan atau memasarkan brand produk atau jasa kepada publik. Kampanye pemasaran yang agresif menggabungkan testimoni pelanggan langsung deskripsi produk atau layanan dan penjelasan dalam satu video.

Prosedur pengembangan strategi video marketing adalah sebagai berikut:

1. Menyusun tujuan video Strategi video marketing yang pertama adalah mengembangkan tujuan video.

Secara umum tujuan pemasaran video dibagi menjadi tiga tahap:

  • Kesadaran Anda akan menentukan tantangan atau peluang apa yang tersedia. Kemudian audiens akan merasakan atau berhubungan dengan ide Anda. Jadi video pada tahap ini harus menarik perhatian mereka dan memperkenalkan merek Anda ke pemirsa baru.
  • Pendengar ide bertanya-tanya bagaimana mereka akan memecahkan masalah mereka. Mereka melakukan penelitian meminta saran melihat ulasan produk atau layanan dan mencoba mencari solusi yang hemat biaya.
  • Keputusan adalah tentang menemukan solusi dan Anda ingin mengingatnya. Prospek persuasif bukti kepuasan pelanggan di masa lalu dan mengapa produk atau layanan lebih unggul dari pesaing.

2. Temukan audiens target Anda

Strategi membuat video pemasaran selanjutnya adalah menemukan audiens target Anda. Kuncinya di sini adalah mengembangkan persona pembeli Anda terlebih dahulu. Sebagian besar perusahaan menciptakan satu atau lebih persona pembeli saat mereka mengembangkan penawaran produk atau layanan mereka. Dengan persona yang terdefinisi dengan baik Anda tahu siapa target audiens Anda. Kemudian untuk menyempurnakan strategi audiens pemasaran video Anda pastikan Anda:

  • Kepada siapa produk atau layanan ditawarkan – ini menjadi persona pembeli.
  • Apa tujuan dari video tersebut – ditampilkan dalam pemasaran di sini.
  • Di mana audiens target Anda berkumpul – Beginilah cara pengiriman video Anda.

3. Rumuskan cerita yang ingin Anda ceritakan.

Strategi pemasaran video selanjutnya adalah memutuskan cerita apa yang ingin Anda ceritakan dalam video Anda. Pada dasarnya ada empat unsur yang menjadi kerangka dasar sebuah cerita.

  • Protagonis dengan tujuan – Karakter ini harus sesuai dengan target demografis. Inilah inti tantangannya.
  • Quest – Inilah cara Anda memperkenalkan produk atau layanan Anda.
  • Solusi – Menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda memecahkan masalah.

Elemen cerita ini perlu dibuat dengan cara yang menghubungkan audiens dengan misi merek. Pertimbangkan juga untuk menambahkan aspek emosional ke dalam strategi pemasaran video ini. Apakah Anda ingin mengesankan audiens Anda? Atau apakah Anda akan mengakui lelucon di akhir video?

4. Harapkan masukan kreatif

Saat Anda membuat cerita ingatlah untuk mengharapkan masukan kreatif dari perusahaan Anda. Orang-orang seperti departemen pemasaran perusahaan pendiri manajer Anda dan lainnya dapat memberikan wawasan tentang pemasaran video Anda. Ingat juga bahwa Anda dan tim Anda memerlukan waktu untuk memproses data ini jika mereka memilikinya.

5. Patuhi garis waktu

Merupakan ide bagus untuk tetap berpegang pada garis waktu yang telah ditentukan sebelumnya saat merencanakan seluruh hasil Anda mulai dari ide hingga pengiriman pemasaran video. Video ini berfungsi sebagai panduan strategi pemasaran. Jadi Anda akan selalu tahu apa yang telah dilakukan dan apa yang tersisa dari Anda. Ingatlah untuk memberi tahu semua orang di tim tentang perubahan apa pun yang mungkin terjadi pada jadwal ini serta tanggal penyelesaian video.

6. Pertahankan Anggaran yang Realistis

Strategi terakhir dalam pemasaran video adalah menjaga anggaran yang realistis. Rencana yang solid dan strategi kreatif memang penting tetapi kita semua tahu bahwa semuanya harus realistis! Akan lebih sulit untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan jika Anda tidak memiliki anggaran yang tepat. Rencanakan dana dan sumber daya yang Anda perlukan. Rekam diri Anda dan rencanakan apakah akan menggunakan profesional atau tidak. Cari tahu bagian mana yang bisa Anda dapatkan diskonnya. Pemasaran video dengan beberapa fitur bisa lebih mahal daripada yang lain.

Leave a Comment