Rekomendasi Strategi Digital Marketing 2023

Rekomendasi Strategi Digital Marketing 2023

Perlunya Strategi Digital Marketing Yang Terupdate Digital marketing telah berkembang dan mengalami banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya aplikasi Augmented Reality yang sebelumnya dianggap sebagai teknik hemat biaya kini dapat diimplementasikan dengan mudah dan luas. Dengan mengingat hal ini penting bagi Anda untuk memperbarui strategi pemasaran secara teratur untuk memastikan bahwa rencana pemasaran merek atau bisnis Anda efektif dan relevan. Kami memberikan informasi tentang beberapa strategi pemasaran digital yang diharapkan dapat disampaikan.

7 Strategi Digital Marketing 2023

1. Video Marketing

sebenarnya bukan teknik atau konsep baru untuk mempromosikan konten video. Tetapi menggunakan video sebagai alat dan strategi pemasaran digital menjadi semakin populer di kalangan merek besar dan kecil. Faktanya menurut statistik pemasaran video 54 persen pemasar konsumen ingin membuat lebih banyak konten dalam format video. Bukan hanya permintaan konsumen tetapi konten video memberi Anda cukup ruang untuk menonjolkan fitur dan manfaat produk atau layanan Anda dengan cara yang menarik bagi bisnis Anda. Alat pemasaran video yang tersedia membuat proses pembuatan konten video yang ada menjadi lebih mudah. Anda dapat menggunakan platform media sosial seperti Instagram Facebook YouTube dan LinkedIn sebagai saluran untuk membagikan konten video Anda untuk memulai strategi pemasaran video Anda.

2. Buat funnel penjualan yang luas

Jenis pengunjung situs web Anda bisa sangat beragam. Beberapa orang mungkin tidak mengetahui merek Anda sama sekali dan yang lain mungkin sudah menjadi pelanggan Anda. Inilah mengapa penting bagi perusahaan Anda untuk memiliki konten untuk setiap tahap perjalanan pelanggan. Disinilah peran sales funnel menjadi kritis. Banyak pemasar menjadi lebih fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk membuat konten yang berada di atas corong tetapi bukan konten yang membuat pemirsa tetap tertarik di tengah atau di bawah corong. Anda dapat menjadikan pemasaran konten Anda lebih inklusif dengan menerapkan pemasaran berbasis data dan menambahkan infografis ke video animasi dan bahkan podcast. Anda juga dapat mencoba menjawab pertanyaan umum dari audiens target Anda dengan konten yang Anda buat. Pada dasarnya Anda harus memastikan bahwa konten dan komunikasi Anda dengan saluran pemasaran mencakup setiap saluran penjualan untuk bisnis Anda.

READ ALSO  Kesalahan Digital Marketing yang Perlu Dihindari di 2023

3. Presentasi konten interaktif

Konten interaktif seperti kompetisi voting kuis dan teka-teki menjadi semakin populer saat ini karena efek langsungnya pada minat penonton. Selain memberikan nilai lebih kepada audiens target Anda konten interaktif dapat digunakan sebagai alat eksperimental untuk mengetahui apa yang paling diminati audiens target Anda.

4. Fokus membangun jaringan dan komunitas.

Tidak ada yang menghentikan perusahaan besar untuk membelanjakan anggaran mereka pada alat pemasaran media sosial untuk meningkatkan jangkauan mereka. Tapi itu tidak terjadi dengan berjuang usaha kecil. Jadi bersaing secara organik dengan akun terkenal atau perusahaan besar di media sosial seringkali membutuhkan investasi dalam dolar pemasaran. Solusi dari tantangan pemasaran digital di atas adalah memanfaatkan media sosial untuk membangun merek Anda. Contoh aplikasi yang saya bawa adalah membuat komunitas pembelajaran digital marketing di grup Facebook atau grup LinkedIn misalnya dengan membuat grup merek yang dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan anggota atau menjawab pertanyaan atau saran pelanggan. Strategi itu sendiri sangat efektif dalam membangun kepercayaan dengan konsumen karena akan memberikan efek eksklusif kepada target audiens.

5. Penjualan di media sosial

Social trading adalah tren pemasaran digital yang juga diharapkan memiliki potensi besar di masa depan. Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya media sosial yang meluncurkan fungsi belanja di platformnya antara lain Facebook dan Instagram Shop. Diluncurkan tahun lalu berjualan di media sosial akan sangat menguntungkan karena akan mempersingkat customer journey di bisnis Anda. Dengan begitu peluang pelanggan untuk membeli produk akan meningkat.

6. Bermitra dengan Merek

Selama setahun terakhir banyak merek yang berhasil dalam bermitra dengan merek lain. Anda mungkin juga ingat kolaborasi merek yang menjadi viral di pertengahan tahun 2021 antara McDonalds dan BTS. Ada juga banyak kolaborasi brand lain yang sangat sukses seperti McDonalds dan Travis Scott Adidas dan Allbirds juga Adidas dan Lego. Kolaborasi merek yang unik seperti contoh di atas sangat efektif untuk menarik perhatian media dan menciptakan gebrakan sosial dengan audiens yang besar tanpa harus benar-benar bermitra atau berkolaborasi dengan nama atau merek besar. Anda juga dapat membentuk kemitraan yang efektif dengan merek yang memiliki produk pelengkap produk merek Anda dan menerapkan kemitraan tersebut ke dalam strategi pemasaran digital Anda. Misalnya membuat email co-branded yang menggunakan daftar audiens merek lain untuk mempromosikan produk Anda melalui email.

READ ALSO  Optimasi Search Engine Optimisation

7. Penggunaan Teknologi Augmented Reality

Pandemi telah mendorong pemasar untuk memikirkan cara unik dan inovatif untuk tetap berhubungan dengan konsumen yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Augmented reality adalah solusi pemasaran yang memungkinkan Anda menargetkan pasar dan merasakan produk tanpa harus pergi ke toko fisik secara langsung. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi pengguna dapat menggunakan aksesori dan aksesori di tangan mereka dan mencoba tempat tidur baru di kamar mereka melalui ponsel cerdas mereka.

Leave a Comment